Home Drinks Alcoholic Drinks Multi Bintang Indonesia Sabet 4 Penghargaan Sekaligus di Sustainable Business Awards 2020/2021

Multi Bintang Indonesia Sabet 4 Penghargaan Sekaligus di Sustainable Business Awards 2020/2021

Acara Penyerahan Sustainable Business Award 2020_2021 kepada Multi Bintang Indonesia

Jakarta, 6 Juni 2022 – Multi Bintang Indonesia, produsen dari merek bir BINTANG dan Heineken® di Indonesia, meraih penghargaan untuk empat kategori sekaligus pada ajang Sustainable Business Awards (SBA) 2020/2021:

  1. Winner untuk kategori Sustainability Strategy
  2. Winner untuk kategori Water Management
  3. Significant Achievement untuk kategori Workforce
  4. Significant Achievement untuk kategori Energy Management

“Merupakan kehormatan bagi kami untuk bisa mendapatkan pengakuan pada empat kategori ini. Meskipun pada 2021 kita semua masih berada di tengah pandemi, komitmen kami terhadap keberlanjutan tidak berubah, dan kami bangga telah mampu memanfaatkan periode ini sebagai momentum untuk menuju tahap berikutnya dan menciptakan dampak positif yang lebih besar lagi bagi lingkungan dan sesama,” kata Ika Noviera, Direktur Corporate Affairs Multi Bintang Indonesia.

Penghargaan SBA sendiri merupakan bentuk apresiasi kepada perusahaan-perusahaan yang dinilai telah menjadi yang terdepan dalam praktik bisnis berkelanjutan dan telah berhasil menggabungkan prinsip tersebut ke dalam strategi jangka panjang bisnis mereka.

Komitmen kuat Multi Bintang Indonesia terhadap keberlanjutan mengacu kepada strategi global Brew A Better World 2030 dari HEINEKEN dan terbagi ke dalam tiga area fokus, yaitu Environmental (Tanggung Jawab Lingkungan), Social (Tanggung Jawab Sosial), dan Responsible (Konsumsi yang Bertanggung Jawab), yang diterapkan secara terintegrasi di semua fungsi dalam perusahaan.

Salah satu prioritas di bawah pilar Environmental adalah upaya Multi Bintang Indonesia terkait konservasi air, yang dilakukan dari hulu ke hilir. Mulai dari pengolahan dan penggunaan kembali air limbah di brewery melalui Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) dan Effluent Reclamation Plant (ERP), reforestasi di area-area sumber air, hingga berbagai riset dan pengawasan terhadap kondisi Daerah Aliran Sungai (DAS), semua dilakukan untuk menjaga sumber daya air, karena setiap tetesnya sangat berharga.

Selain pengelolaan sumber daya air, energi menjadi satu lagi prioritas dalam upaya keberlanjutan Multi Bintang Indonesia. Perusahaan memiliki ambisi untuk mencapai karbon netral melalui penggunaan energi terbarukan dan memaksimalkan efisiensi energi. Saat ini, 28% dari energi yang digunakan dalam proses produksi Multi Bintang Indonesia berasal dari sumber terbarukan, seperti penggunaan biomassa yang memanfaatkan sekam padi dari sawah di sekitar brewery.

“Fasilitas ERP yang digunakan di brewery Multi Bintang Indonesia dibangun pada 2017, dan merupakan yang pertama di jaringan perusahaan HEINEKEN di seluruh dunia. Terkait penggunaan energi, target kami adalah untuk mencapai 100% penggunaan energi dari sumber terbarukan di proses produksi pada 2025,” lanjut Ika.

Tidak hanya terkait lingkungan, Multi Bintang Indonesia juga melakukan serangkaian inisiatif terkait ketenagakerjaan, khususnya untuk memberikan dukungan yang diperlukan para karyawan selama pandemi. Perusahaan menerapkan protokol kesehatan dan keselamatan yang ketat secara menyeluruh di semua lokasi kerja, termasuk bagi para frontliners dan mereka yang bekerja dari rumah. Dukungan untuk menjaga kesehatan fisik juga dilengkapi dengan sarana untuk menjaga kesehatan mental, dengan penyediaan platform layanan konseling dengan psikolog yang dapat diakses oleh setiap karyawan kapan pun dan di mana pun.

“Semua ini tidak akan dapat terwujud tanpa dukungan dari para mitra kami dalam menjalankan berbagai inisiatif tersebut. Kami percaya bahwa melalui kolaborasi, kita semua dapat meningkatkan skala upaya kita dan menciptakan dampak secara lebih luas. Oleh karena itu, tahun ini kami juga meluncurkan serangkaian kegiatan untuk membuka pintu kolaborasi lebih lebar lagi, bagi siapa pun yang ingin menginspirasi dunia yang lebih baik bersama kami. Informasi lebih detail akan kami bagikan dalam beberapa minggu ke depan,” tutup Ika.

Berbagai inisiatif lainnya terkait keberlanjutan dari Multi Bintang Indonesia selama 2021 dapat dilihat di Sustainability Report yang dapat diakses melalui tautan bit.ly/MBI-SR2021-ID.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here